Monday, November 28, 2011

PSMS tetap lakoni IPL

Laga perdana Indonesian Premier League (IPL) harus dilakoni PSMS Medan kontra Persebaya Surabaya di Stadion Teladan Medan, Minggu besok. Waktu yang sempit dan tim yang baru terbentuk dalam tiga hari belakangan merupakan kondisi yang cukup ironis.

Namun PSMS IPL bentukan klub-klub anggota Ayam Kinantan tetap melaju. Manajer Operasional PSMS, Jhonny Sembiring, memastikan pihaknya sudah mencetak tiket sebanyak 7000 lembar untuk laga yang dihelat pukul 16.15 WIB itu.

"PSMS IPL definitif bertanding lawan Persebaya. Untuk pertama ini, kita tidak tekankan pada hasil pertandingan. Yang penting, penyelamatan klub sudah kami dilakukan. Semua perlengkapan tim dan pendukung juga sudah dipersiapkan secara matang," ujarnya, Jumat.

Terkait persiapan tim, Pelatih PSMS IPL, M Khaidir, bekerja keras meramu pemain yang baru bergabung. Pasalnya, baru 14 dari 30 pemain yang dipanggil dan beberapa di antaranya adalah mantan gelandang PSMS musim lalu, Tri Yudha Handoko, Aswin Sitorus, dan Mahmud Aziz.

Selain itu, sejumlah pemain yang berada di skuad PSMS ISL dikabarkan akan hijrah ke IPL. Mereka adalah Achmad Kurniawan (kiper), Jecky Pasarella (striker), dan bek asal Korea Selatan, Ku Kyung Hyen.

Khaidir sendiri tak memungkiri persiapan yang amat singkat ini bukan waktu ideal membentuk kekuatan yang diharapkan. Namun menyeruak keyakinan dalam benaknya, skuadnya diperkirakan bakal mengimbangi Persebaya.

"Kalau dibilang sulit, tentu. Tapi ini tantangan untuk membentuk tim yang mumpuni. Durasi dua hari tentu bukan waktu ideal, tapi saya yakin bisa mengimbangi lawan karena pemain paham betul karakter permainannya," ujarnya.

Pada latihan perdana di Stadion TD Pardede itu, Khaidir menekankan pada penggenjotan fisikal dan kerjasama tim. Khaidiri juga menambahkan tinggal kerjasama tim yang akan dioptimalkan.

Dari kubu PSMS ISL, pemburuan pemain terus dilakukan Raja Isa. Kepada wartawan, pelatih PSMS asal Malaysia itu mengaku pihaknya akan memutuskan kerangka tim setelah tampil pada turnamen segitiga HUT Persija di Jakarta, 27-29 November nanti.

"Kita akan putuskan kerangka tim terbaik usai laga tersebut. Makanya kita sangat serius dalam turnamen segitiga itu. Banyak hal yang akan kita ambil dari sana," bilang Raja Isa.

Tak hanya itu, Raja Isa juga mengaku tengah memburu gelandang timnas Malaysia, Shafiq Rahim. Wakil Ketua FAM, Hamid Muhammad Amin, pun mengaku telah berkomunikasi dengan sang pelatih.

"Kalau harganya standar untuk pemain asing. Saya rasa manajemenlah yang membahas," bilang Raja menegaskan butuh sosok Shariq untuk memperkuat skuadnya.

No comments: