Saturday, January 23, 2010

Ketika Sepatu Kamil Sembiring Disita Suimin

ABDUL Kamil Sembiring merupakan aset bertalenta masa depan yang dipunya PSMS musim ini. Jebolan Akademi Sepak Bola Medan United yang sebelumnya menimba ilmu di SSB Generasi Medan itu, kini menghuni skuad magang PSMS.

Satu keyakinan dibubuhkan Suimin Diharja arsitek PSMS, bahwa suatu saat Kamil punya kans untuk jadi pemain besar. Syaratnya, pemain bernomor kostum 9 itu harus mau menjaga disiplin dan tak henti belajar mengembangkan talenta yang ada.

Di balik itu, ada kisah unik yang menyertai perjalanan karir Kamil di PSMS musim ini. Hal unik itu bermuara dari sebuah sepatu. Ya, sepatu bermerek Nike terbaru berwarna hijau cerah, yang cukup menggoda mata setiap yang melihatnya.

Walau sepatu itu berharga cukup mahal dan stylis, tapi nyatanya sepatu yang awalnya kerap menjadi kebanggaan Kamil ketika dikenakannya itu tak senyaman yang dipikirkan. Walhasil, Kamil kerap mengalami gangguan penampilan ketika memaksakan kehendak memakai sepatu dengan merek yang juga dipakai bintang kelas dunia itu.

Pasalnya, kaki Kamil lebih besar dari nomor sepatu Nike-nya itu. Ceritanya Nike Kamil bernomor 43 3/4, sementara kaki Kamil berukuran 44. Jadi, ada sekitar 1/4 ukuran sepatu yang tak pas. Dengan kata lain, sepatu itu kekecilan. Masalahnya, Kamil tak mau memakai sepatu lain selain sepatu itu.

Hal ini rupanya sampai ke telinga pelatih. Diam-diam Suimin mengamati tingkah Kamil ketika dia memakai sepatu itu. Benar, Kamil terlihat beda penampilannya dibanding ketika latihan tanpa memakai sepatu itu.

Suimin pun bertindak. Usut punya usut, kabarnya Suimin telah menyita sepatu Nike Kamil itu untuk sementara waktu. Tujuannya agar Kamil tak lagi memakai sepatu itu, dan bisa bebas bergerak dengan improvisasinya. “Sudah, sepatunya yang kesempitan itu sudah saya sita untuk sementara waktu. Nanti kalau sudah waktunya, saya kembalikan lagi,” beber Suimin.

Hasilnya ternyata ada. Dalam beberapa kesempatan tampil tanpa sepatu andalannya itu, Kamil kerap menunjukkan peningkatan performa. Di ajang resmi, Kamil tercatat diturunkan ketika main di kandang melawan Persiraja. Di luar, Kamil mendapatkan kesempatan main sebagai pengganti ketika menghadapi Persikabo Bogor.

Kemarin sore, saat digelar simulasi Kamil juga menunjukkan kemampuan yang lumayan apik. Dia mencetak satu gol tim utama melawan tim cadangan dalam simulasi itu. Dan gol itu dilesakkannya tanpa memakai sepatu Nike-nya itu.

No comments: