Monday, February 9, 2009

Sun, 8 Feb 2009 19:18

PSMS Tumbangkan Persik 2-1

Antvsports – Usai mendepak Luciano Leandro dari kursi ‘kepelatihan’, tim PSMS Medan justru mampu memetik hasil positif dengan menumbangkan tamunya Persik Kediri, 2-1, pada lanjutan Djarum Indonesia Super League, Minggu (8/2) petang ini, di Stadion Siliwangi, Bandung. Dua gol kemenangan PSMS dicetak oleh striker Rahmat Affandi di menit ke-52 dan Esteban Guillen di masa injury-time.

Tim ‘Macan Putih’ Persik, yang berhasrat melanjutkan sukses mereka seperti pada laga sebelumnya, yang mampu menundukkan tuan rumah Arema Malang, justru di babak pertama tampil kurang impresif. Beruntung mereka masih memiliki Ronald Fagundes yang mampu melakukan tugasnya dengan baik untuk mensupport lini depan Persik.

Peluang pertama Persik didapat di menit ke-12 melalui tendangan set-piece Fagundes, menyusul pelanggaran yang dilakukan Aun Carbiny kepadanya. Sayang, umpan set-piece Fagundes dari luar kotak pinalti, gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Hamka Hamzah.

Sementara dengan absennya sang pengatur serangan, Leonardo Zada, alur serangan tuan rumah PSMS terlihat menjadi kurang variatif, dan lebih banyak mengandalkan umpan-umpan dari sayap. Meski demikian barisan depan tim ‘Ayam Kinantan’ yang dimotori Rahmat Affandi dan Mario Costas, serta didukung Ellie Aiboy, mampu memberikan tekanan kepada barisan pertahanan Persik. Tekanan-tekanan PSMS di paruh babak pertama ini memaksa kipper Persik, Ahmad Kurniawan, harus berjibaku untuk menyelamatkan gawangnya.

Di menit ke-31, Esteban Guillen membuka peluang bagi PSMS. Memanfaatkan umpan sepak pojok Ellie Aiboy, Esteban menyambut dengan sundulan ke arah gawang. Namun sayang bola sundulannya sedikit melenceng di sisi kiri gawang Persik.

Empat menit berselang, serangan balik Persik nyaris berbuah gol. Dari sector kanan, Indriyanto Nugroho yang tak terkawal, melakukan penetrasi ke kotak pinalti lawan dan melepaskan umpan tarik ke Ronald Fagundes. Sayang, Fagundes sedikit kalah cepat dengan Markus Horison dalam menyambar bola.

Memasuki babak kedua, PSMS meningkatkan tekanan sebagai upaya untuk memaksimalkan raihan poin di kandang. Hasilnya, di menit ke-52 barisan penyerang PSMS mampu memporak-porandakan pertahanan Persik. Dari sebuah kemelut di depan gawang, Rahmat Affandi mampu memanfaatkan bola liar untuk menjebol gawang Persik dengan tendangan kaki kanannya. 1-0 untuk PSMS.

Tertinggal 0-1, Hamka Hamzah dan kawan-kawan mencoba bangkit dengan meningkatkan tempo permainan. Sebaliknya, PSMS juga tak merubah taktiknya dan tetap bermain ofensif, sehingga permainan kedua tim menjadi lebih agresif bahkan cenderung keras.

Pada menit ke-85, winger Persik, Khusnul Yuli, mengejutkan kubu PSMS dengan tendangan kerasnya dari luar kotak pinalti yang merobek gawang Markus Horison. Kedudukan berubah menjadi 1-1.

Namun di masa injury time, tepatnya di menit ke-91, PSMS akhirnya mampu memastikan kemenangannya melalui Esteban Guillen. Berawal dari umpan crossing yang akurat dari Ellie Aiboy, Esteban mampu memaksimalkannya dengan sundulan cantiknya untuk menjebol gawang Persik. Skor akhir menjadi 2-1 untuk keunggulan PSMS

No comments: