Monday, September 5, 2011

PSMS jangan terganjal karena Stadion Teladan jelek

Selangkah lagi PSMS akan sukses mewujudkan harapan masyarakat yang sudah lama tidak melihat PSMS bertarung di level tertinggi kompetisi nasional. Sudah dua musim, PSMS menghilang dari persaingan klub-klub elit seperti Persija, Arema, Persib Bandung dan lainnya.

Satu ujian lagi yang harus dilewati adalah persyaratan infrastruktur.Stadion Teladan sebagai homebase Ayam Kinantan akan dinilai kelayakannya oleh AFC. Disini PSMS harus khawatir. Jika dinilai buruk, PSMS bisa terlempar dari calon peserta kompetisi Pro 1.
Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus, mengatakan meski sudah lolos verifikasi administrasi, PSMS harus secepatnya membenahi infrastruktur. “Makanya yang harus dipaksakan adalah pembangunan Stadion Teladan. Kalau tidak segera diperbaiki, maka peluang bisa saja pindah ke klub lain,” beber Sihar.

Dalam verifikasi nanti PSMS harus bersaing dengan 33 calon peserta lain untuk tidak berada di klub dengan nilai stadion terburuk. Pasalnya keduanya akan sah menghuni level dua. Opsi sanksi lainnya, menurut Sekretaris Umum PSMS, Idris, PSMS tetap main di level 1 tapi tak bisa menggunakan Teladan. Artinya, PSMS harus mencari homebase baru dan bisa jadi mengulangi kejadian ISL 2008 saat menjadi musafir tanpa stadion tetap.

Keuta suporter PSMS, SMeCK Hooligan, Nata Simangunsong, kembali mendesak Pemko Medan untuk secepatnya merenovasi Teladan. “Kita sudah sama-sama tahulah seperti apa kondisi Teladan. Pak Rahudman juga sudah paham. Tapi yang kita tunggu sekarang adalah langkah realisasinya seperti apa. Ini sudah mendesak,” ujar Nata tadi malam.

Menurut Nata, peluang untuk berada di kasta utama sangat berharga untuk disia-siakan. Karena itu suporter dan masyarakat pecinta PSMS lainnya tidak mengharapkan PSMS gagal karena stadion. “Ini kesempatan PSMS masuk ke kasta utama. Jangan sampai PSMS terganjal karena masalah stadion,” ujarnya.

Sebelumnya janji-janji renovasi telah dikoarkan Walikota Medan, Rahudman Harahap. Secara bertahap pasca lebaran maupun nantinya renovasi keseluruhan akan diagendakan dalam RAPN. “100 miliar akan kita usahakan dari RAPBN untuk infrastruktur olahraga di Medan. Termasuk renovasi Teladan dan membangun sport center,” ujarnya.

Namun hal itu masih sebatas janji. Jadwal renovasi belum juga pasti. Sementara penilaian dari AFC akan segera dilakukan. Jika PSMS gagal karena stadion, masyarakat tentu akan menuntut pertanggung jawaban.

No comments: