Monday, August 15, 2011

Hanya lima pemain yang dipertahankan?

MEDAN - PSMS Medan mulai memasuki episode baru di kancah sepakbola tanah air. Memastikan tak ada lagi masalah soal finansial, PSMS juga harus mempersiapkan skuadnya. Apalagi jika nanti dinyatakan lolos verifikasi, kompetisi profesional PSSI itu mulai dihelat 8 Oktober mendatang.

Lalu bagaimana persiapan PSMS untuk mempersiapkan skuad yang tangguh? Harusnya dimulai dulu dengan penentuan status skuad PSMS musim 2010/2011. Siapa yang akan dipertahankan dan siapa yang akan terbuang?

Pernyataan cukup mengejutkan meluncur dari Sekretaris Umum PSMS, Idris SE. Kepada wartawan, ia menegaskan tidak akan banyak mempertahankan pemain musim lalu. Dari rencana awal mempertahankan tujuh pemain, kini hanya maksimal lima pemain yang tetap akan menjadi bagian skuad PSMS musim depan.

“Dari 22 pemain yang ada paling hanya empat sampai lima pemain saja yang akan kita pertahankan. Saya kecewa berat dengan tim itu. Kontaminasi mental mereka tidak bisa diandalkan,” tukas Idris malam ini.

Terkait mental, Idris melayangkan memorinya pada kegagalan PSMS mempertahankan keunggulan tiga gol dari Persiba Bantul di babak 8 Besar Liga Ti-Phone musim lalu. Ia masih menyimpan kekecewaan mendalam karena PSMS tak bisa melaju ke semifinal ketika itu.

“Saya masih tak habis pikir. Kalau memang mereka bermental petarung mungkin tidak akan begitu hasilnya,” ujarnya.

Siapa nama-nama tersebut? Idris belum mau membeberkan. Tapi untuk trio legiun asing, Idris sepertinya sudah memberikan kepastian soal nasib mereka. Vagner Luis, Almiro Valadares dan Gaston Castano kemungkinan besar tidak akan dipertahankan.

“Untuk pemain asing, mereka tidak akan kita buang, tapi PSMS tidak akan memakai mereka lagi,” paparnya.

Dasar penentuan status itu kemungkinan karena ketiganya termasuk pemain yang reaksioner terhadap pengurus. Saat ini, Gaston masih bermasalah menyoal gaji yang belum dibayar. Vagner Luis dan Almiro sebelumnya juga sempat mengancam mengadu ke FIFA juga karena gaji. Meskipun pelunasan hak kedunya sudah tuntas.

No comments: