Tuesday, April 7, 2009

Preview PSMS Medan vs VB Sports Pembuktian Taji Ayam Kinantan

Buta kekuatan musuh. Itulah yang akan dialami PSMS Medan dan VB Sports Club saat bentrok malam ini di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang.

Bentrok di 32 Besar AFC Cup 2009 adalah pertemuan pertama buat keduanya. Otomatis mereka sama-sama belum mengetahui kekuatan masing-masing.

Khusus untuk tim Ayam Kinantan, meskipun belum mengetahui bagaimana karakter permainan tim asal Maladewa itu, Ellie Aiboy dkk tetap saja berambisi mematok tiga poin. Peracik strategi yang masih memegang tongkat komando PSMS saat ini, Liestiadi, mengaku timnya sudah matang karena sudah lebih satu pekan mempersiapkan diri.

“Persiapan kami terbilang cukup matang. Satu pekan terakhir, kami sudah mendeteksi permainan VB via Internet dan coba memahami beberapa pemain kunci mereka. Para pemain gelandang mereka sepertinya memiliki kualitas yang bagus,” ujar Liestiadi kepada wartawan GOSport, Rasyid Irfandi.

Keinginan PSMS untuk menang didukung oleh kondusifnya suasana kamar ganti pemain dan pada saat sesi latihan. Semua pemain tampak sangat menikmati dan menjalani apa yang diinstruksikan pelatih di lapangan.

“Kami sudah berlatih dengan suasana yang lebih baik, serta melakukan simulasi permainan dalam sesi latihan. Seolah-olah kami sedang melawan VB. Dari pandangan saya bersama Rudy Keeltjes (Penasihat Teknik), diperkirakan VB akan mempergunakan formasi 4-4-2 atau mungkin 4-5-1,” ujar Liestiadi.

Rudy yang akan mengambil alih tongkat kepelatihan dari tangan Liestiadi mengaku sama sekali tak tahu cara bermain VB. “Secara tim, saya sama sekali belum tahu. Tapi, saya bersama Liestiadi sudah mengamati via rekaman pertandingan. Dan, ada tiga pemain yang perlu kami waspadai. Satu beroperasi di gelandang dan dua di depan,” tukasnya lagi.

VB Galau

Sementara itu, pihak VB semakin galau setelah kacaunya jadwal perjalanan mereka. Seharusnya, VB langsung ke Palembang, namun malah nyasar ke Medan.

Akibat dari insiden ini, tak ada satu pun pelatih dan pemain VB yang menampakkan batang hidungnya pada saat konferensi pers, Senin sore, 6 April 2009. Kemungkinan, mereka pasti kelelahan.

Apalagi, VB harus segera menjajal rumput Stadion Jakabaring guna mengenal lapangan sebelum pertandingan. Tapi, dari keterangan beberapa ofisial VB, dapat ditarik sedikit kesimpulan bahwa kesalahan bukan berada di pihak PSMS.
Tim Ayam Kinantan sudah memberitahukan kalau pertandingan digelar di Palembang, bukan di Medan. Namun, ada keteledoran dari manajemen VB yang tidak memahami isi surat yang disampaikan pihak PSMS via PSSI.

“Kami tidak tahu harus bagaimana lagi. Kesalahan memang ada pada tim VB. Kami hanya bisa menjalankan ini sebaiknya-baiknya,” ungkap media officer VB, Ibrahim Ghathaan.

Sebelum bertolak ke Indonesia, pelatih kepala VB, Lazlo Kiss, menargetkan angka penuh dalam lawatan ini. “Fokus kami saat melawan PSMS bukan hasil imbang, tapi kemenangan,” katanya seperti dikutip dari situs Maldivesoccer.

PRAKIRAAN FORMASI
PSMS (4-4-2): 20-GALIH; 3-FADLY, 6-AUN, 11-EDI, 26-DHANI; 5-ESTEBAN, 17-MARINS, 8-AFFAN, 48-ELLIE; 30-MARIO, 16-AFANDI
Pelatih: Liestiadi

VB (4-4-2): 1-SHINAN; 5-HANEEF, 18-MOOSA, 20-ASHFAN, 26-AKUNOWO; 6-SHAFFAZ, 7-ASHFAQ, 25-MANSARAY,16-HUSAIN; 9-LAREEF, 10-UMAR
Pelatih: Lazlo Kiss

KLASEMEN GRUP F AFC CUP 2009
1. South China (Hong Kong)*2*2*0*0*5-1*6
2. PSMS (Indonesia)*2*1*0*1*3-4*3
3. VB (Maladewa)*2*0*1*1*1-2*1
4. Johor FC (Malaysia)*2*0*1*1*1-3*1

JADWAL PSMS DI AFC CUP 2009
WAKTU*LAWAN*TEMPAT
7 April*VB Maladewa*Stadion Jakabaring, Palembang
21 April* VB Maladewa*National Stadium, Maladewa
5 Mei*South China*Stadion Jakabaring, Palembang
19 Mei*Johor FC*Stadion Jcorp, Pasir Gudang, Malaysia

No comments: