Monday, April 6, 2009

AFC Cup 2009 PSMS Medan Yakin Atasi Wakil Maladewa


Dua laga sudah dilalui PSMS Medan di AFC Cup 2009. Satu kali menang dan satu kali kalah dituai Ellie Aiboy dan kawan-kawan.

Dengan raihan tiga angka, PSMS saat ini menduduki runner-up Grup F AFC Cup 2009, di bawah South China Hongkong yang mengoleksi enam angka. Kemenangan diraih tim Ayam Kinantan kala menjamu Johor FC 3-1 di Stadion Jakabaring, Palembang, Selasa 17 Maret 2009.

Sedangkan pada laga perdana saat meladeni South China, anak asuh Liestiadi dipermak 0-3.

Sesuai jadwal, Selasa 7 April 2009, PSMS kembali menjamu musuh mereka di 32 Besar SFC Cup 2009. Kali ini, klub asal Maladewa, VB Sports Club.

Saat ini, VB berada di peringkat 3 klasemen Grup F. Dibanding dua musuh terdahulu, di atas kertas VB bisa dikatakan lebih mudah untuk diatasi. Karenanya, tak heran bila PSMS menargetkan kemenangan saat menjamu VB, meski tetap harus waspada.

Tambahan angka memang sangat dibutuhkan PSMS untuk melangkah ke 16 Besar AFC Cup 2009. Liestiadi menyatakan, pasukannya tidak akan menganggap enteng VB.

“Meski belum meraih kemenangan di AFC Cup, mereka mampu memberikan perlawanan saat jumpa Johor Baru dan South China di pertandingan sebelumnya. Faktor itu tetap jadi perhatian kami,” ungkap Liestiadi kepada wartawan GOSport, Rasyid Irfandi.

Saat jumpa VB, Liestiadi berharap pemain-pemain PSMS bisa menunjukkan performa yang sama seperti ketika jumpa Johor Baru. Sang pelatih juga berharap penampilan ciamik kala mengalahkan Deltras Sidoarjo 3-1, di putaran 2 Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 bisa terulang kala meladeni VB.

Jaga Nama Besar

PSMS memang sangat berharap bisa terus melangkah ke babak berikut di AFC Cup 2009. Sebab, hanya dengan prestasi tinggi di AFC Cup, nama besar PSMS bisa terselamatkan musim ini.

Di kompetisi domestik, kiprah PSMS kurang menggembirakan. Saat ini, peluang PSMS untuk jadi yang terbaik di LSI sudah tertutup. Ayam Kinantan masih harus menjaga posisi di papan tengah klasemen agar tak terperosok ke zona merah.

Sedangkan di Copa Indonesia 2008/2009, peluang PSMS masih tetap terjaga. PSMS berhasil lolos ke 8 Besar setelah menyingkirkan Persiba Bantul.

Sementara itu, pelatih VB asal Hungaria, Lazloa Kiss, mengaku sangat mengincar kemenangan saat dijamu PSMS. “Berdasarkan hasil yang sudah kami peroleh pada laga sebelumnya, tak ada pilihan lain selain berjuang untuk meraih kemenangan. Fokus kami saat melawan PSMS bukan hasil imbang, tapi kemenangan,” ujar Kiss seperti dikutip dari situs maldivesoccer.

Ia percaya, tim asuhannya akan menampilkan peforma lebih bagus di laga kandang, dibandingkan saat mentas di rumah sendiri. Ada alasan unik mengapa sang pelatih memiliki pandangan seperti ini.

“Di Maladewa, kami tak punya fasilitas memadai. Kami harus berlatih dengan menggunakan setengah lapangan. Para pemain juga baru bisa berlatih seusai pulang kerja dari kantor mereka masing-masing. Nah, jika kami melakoni laga away, para pemain bisa makan dengan baik, kami juga bisa berlatih menggunakan lapangan secara penuh. Dan fokus pemain hanya pada pertandingan,” papar Kiss.

KLASEMEN GRUP F AFC CUP 2009
1. South China (Hongkong) 2*2*0*0*5-1*6
2. PSMS (Indonesia) 2*1*0*1*3-4*3
3. V.B. (Maladewa) 2*0*1*1*1-2*1
4. Johor FC (Malaysia) 2*0*1*1*1-3*1

JADWAL PERTANDINGAN PSMS DI AFC CUP 2009
WAKTU*LAWAN*TEMPAT
7 April*VB Maladewa*Stadion Jakabaring, Palembang
21 April* VB Maladewa*National Stadium, Maladewa
5 Mei*South China*Stadion Jakabaring, Palembang
19 Mei*Johor FC*Stadion Jcorp, Pasir Gudang, Malaysia

No comments: