Tuesday, February 17, 2009

PSSI serius tanggapi Irfan-Sergio(special News)

JAKARTA - Sekjen PSSI Nugraha Besoes menegaskan, pihaknya sangat antusias menyambut keinginan dua pemain keturunan Indonesia-Belanda, Irfan Bachdim (FC Utrecht Belanda) dan Sergio Van Dijk (Queensland Roar Australia), membela timnas Merah Putih.

Menurutnya, rencana seperti ini sebetulnya sudah pernah dijajaki PSSI, namun tidak membuahkan hasil karena para pemain tidak tertarik. Tapi dengan adanya keinginan dari pemain seperti Irfan dan Sergio, PSSI dipastikan welcome.

Demikian dikatakan pria yang akrab disapa Kang Nug ini ketika ditemui Waspada di ruang kerjanya, Senin. Bahkan Nugraha secara khusus meminta adanya fasilitator mendatangkan kedua pemain ke tanah air, termasuk menanyakan apa keinginan mereka jika masuk timnas dan mekanisme izin dari klubnya masing-masing.

Sebab, lanjutnya, jangan sampai PSSI dianggap melanggar aturan karena tidak ada izin klub yang mengontrak keduanya. "PSSI sejak dulu sangat antusias mendatangkan pemain keturunan. Bahkan, beberapa waktu lalu kami sempat mendatangkan sejumlah pemain dari Amerika Latin, sayang kualitas mereka tidak sesuai," katanya.

Ditambahkannya, satu hal yang kemungkinan mengganjal keinginan kedua pemain itu adalah regulasi FIFA mengenai perpindahan kewarganegaraan setiap pemain karena harus menjadi warga negara minimal lima tahun di negara bersangkutan.

Nugraha bahkan tidak menolak usulan untuk mendatangkan dua pemain itu dalam laga ujicoba timnas, guna melihat kualitas keduanya apakah layak atau tidak membela timnas.

"Tentunya kita tidak bisa asal ‘comot' saja dan harus mendapatkan izin klub mereka saat ini. Kami berharap kedatangan kedua pemain itu bisa menjawab keraguan publik selama ini, sebab PSSI dianggap tidak mau menerima pemain keturunan yang berada di luar negeri," bebernya sembari menambahkan jika persyaratan kedua pemain beres bisa diturunkan saat timnas menghadapi Manchester United (MU), Juli mendatang.

No comments: