Friday, August 26, 2011

PSMS lolos verifikasi awal Pro 1

MEDAN - Harapan publik Medan menyaksikan PSMS Medan bermain di kasta tertinggi kompetisi sepakbola tanah air menjadi kenyataan. Dari rilis peserta yang ditetapkan PSSI tadi sore, PSMS termasuk sebagai salah satu calon peserta dari 34 klub.

PSMS tergabung bersama Persipura Jayapura, Arema Indonesia, Persija Jakarta, Semen Padang, Sriwijaya FC, Persisam Samarinda, Persib Bandung, Persiwa Wamena, Persela Lamongan, Persiba Balikpapan, PSPS Pekanbaru, Pelita Jaya, Deltras Sidoarjo, Persijap Jepara, Bontang FC, Persema Malang, Persibo Bojonegoro, PSM Makassar, Mitra Kukar, Persiraja Banda Aceh, Pro Duta FC, Persik Kediri, PSIS Semarang, PSCS Cilacap, Persikota Tangerang, Persis Solo, Persiba Bantul, Persebaya Surabaya, PS Barito Putra, PSS Sleman, PSIR Rembang, PS Bengkulu, dan Persipasi Bekasi.

join_facebookjoin_twitter

Sekretaris Umum PSMS, Idris SE, saat dikonfirmasi membenarkan kabar tersebut. “Alhamdulillah, akhirnya PSMS dapat mewujudkan harapan masyarakat bermain di kompetisi teratas. Ini berkat doa masyarakat Medan,” ujar Idris.

Soal kompetisi yang dibagi dua wilayah, Idris menyambut positif keputusan itu. Letak geografis Indonesia sebagai negara kepulauan akan menyulitkan klub-klub jika tetap dalam format satu wilayah.

“Tentunya kita menyambut positif keputusan ini. Indonesia ini kan luas melebihi luasnya negara sepakbola lainnya seperti Brazil. Ini akan lebih menghemat pengeluaran klub-klub,” ujarnya.

Idris yang menghadiri langsung pertemuan di Jakarta mengatakan PSMS lolos dari verifikasi administrasi yang dilakukan PSSI. Namun PSMS harus menanti verifikasi selanjutnya soal infrastruktur.

“Ya, lebih dahulu diverifikasi administrasi baru nanti lapangan yang diverifikasi. Karena itu kita harapkan pemerintah dalam hal ini Wali Kota Medan dan Plt Gubernur Sumatera Utara turut membantu soal renovasi Stadion Teladan,” ujarnya.

Bagaimana jika nanti Teladan tidak lolos verifikasi? Apakah menggugurkan PSMS sebagai peserta level 1? Menurut Idris, sanksinya tidak sampai seperti itu. Melainkan PSMS harus mencari stadion lain sebagai homebase.

“Jika Teladan tidak lolos terpaksa kita cari stadion lain. PSSI yang nanti menunjuk stadion mana yang akan kita gunakan,” ujar Idris.

Sebelumnya, Ketua Komite Kompetisi PSSI, Sihar Sitorus, mengatakan pihaknya akan mengirim data 34 klub ke AFC. Jumlah klub peserta bisa saja menciut tergantung keputusan AFC. Namun Sihar memastikan nantinya kompetisi akan diisi 32 klub dengan pembagian 16 klub per wilayah.

No comments: