Monday, February 8, 2010

Maksimalkan yang Ada


Laga menghadapi Persikabo yang akan berlangsung Rabu (10/2) mendatang telah di depan mata dan seakan tak menyisakan waktu kepada para punggawa tim Ayam Kinantan untuk berleha-leha.

Karenanya tak ada pilihan lain bagi pelatih PSMS Kustiono kecuali memaksimalkan persiapan agar tampil tak tampil mengecewakan, apalagi sampai kehilangan angka di hadapan pendukungnya sendiri.

“Rencananya, besok pagi (hari ini, Red) tim akan berlatih lagi. Materi yang akan diterapkan pada latihan nanti adalah pressing ketat ke jantung pertahanan lawan,” ucap Kus (sapaan akrab Kustiono, Red) yang dihubungi melalui telepon, Minggu (7/2).
Diharapkan dengan ketatnya pressing yang dilakukan Faisal Azmi dkk maka Persikabo takkan mampu mengembangkan permainan, apalagi sampai mendikte tim Ayam Kinantan.

“Saya pernah menyaksikan penampilan mereka saat menghadapi Persiraja dan PSAP. Saya pikir, jika anak-anak dapat tampil tenang, maka kemenangan akan kita dapatkan,” bilang Kustiono.

Terkait tiga pemain baru yang telah direkomendasikan untuk bergabung dengan tim Ayam Kinantan, Kustiono mengaku jika ketiganya sedang menunggu keputusan dari manajemen.

“Akan lebih baik jika ketiganya dapat tampil saat kita menghadapi Persikabo. Tapi bila semua urusan belum beres, ya terpaksa kita memaksimalkan pemain yang ada,” bilang Kustiono.

Adapun tiga pemain yang sebelumnya telah mendapat rekomendasi dari Kustiono untuk bergabung ke PSMS adalah Kussusanto, Mawan, dan Dedek Ariandi

Pertanyaannya, jika ketiga pemain tadi tak dapat diturunkan hingga saat laga kontra Persikabo berlangsung, apa yang akan dilakukan oleh mantan pelatih PSAP ini?

“Itu bukan masalah karena seluruh pemain telah menyatakan kesiapannya untuk meraih poin sempurna atas Persikabo. Bukan hanya tekad, para pemain pun telah membuktikannya pada setiap sesi latihan. Mereka terlihat lebih disiplin,” bilang Kus lagi.

Bahkan khusus untuk legiun asing PSMS Nyek Nyobe yang dalam beberapa penampilan terakhir terlihat mengalami penurunan performa, Kus mengaku jika dirinya telah mengajak pemain asal Kamerun itu berbicara dari hati ke hati.

“Saya sudah bicara berdua dan dia memastikan tidak ada masalah dengan pelatih. Nyek juga menyatakan akan membuktikan ucapannya pada saat berhadapan dengan Persikabo nanti. Meskipun begitu, saya juga akan buat penilaian tersendiri untuknya. Kalau masih buruk juga performanya, saya akan berkoordinasi kepada pengurus untuk tindakan selanjutnya,” janji pelatih berusia 48 tahun ini.

“Pemain lain juga sudah mulai paham dengan kemauan saya. Waktu latihan, anak-anak sudah tidak ada yang jalan, semua lebih aktif. Begitupun saat mau latihan semua langsung mengenakan pakaiannya, tidak lagi harus dibilang. Semoga ini sebuah pertanda bangkitnya semangat tim ini,” tambahnya.

Keuntungan Kustiono lainnya yaitu penampilan Ogochukuwu Daniel yang kian memuaskan. Bahkan pemain asal Nigeria yang setengah musim lalu membela PSP Padang ini bakal disiapkan sebagai pemain dengan dua posisi.

“Daniel dan Saha sudah saling mengerti kemauan masing-masing, begitu juga dengan Nyek yang akan menjadi leader di lini pertahanan,” beber Kustiono.

Sementara itu Sekretaris Tim PSMS Fityan Hamdy yang dihubungi mengaku belum menerima rekomendasi. Meskipun begitu dirinya juga memastikan bila PSMS akan menghadapi Persikabo tanpa diperkuat pemain baru.

“Bisa saja rekomendasi langsung diserahkan kepada manejer tim. Jika itu, tetap saja mereka belum bisa diturunkan saat menghadapi Persikabo Bogor nanti,” jelas Fityan.

Di tempat terpisah manejer tim PSMS Hendra DS tak membantah jika rekomendasi tiga pemain baru memang telah diserahkan Kustiono kepada dirinya. “Semuanya masih diproses,” bilangnya

No comments: