Wednesday, December 31, 2008

Misi Sulit Ayam Kinantan

Misi Sulit Ayam Kinantan
31/12/2008

JAKARTA – Terjawab sudah calon lawan PSMS Medan di babak play-off Liga Champions Asia (LCA) 2009. Dalam rilisnya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menempatkan PSMS yang akan berhadapan dengan pemenang antara Provincial Electrical Authority (PEA) dengan Singapore Armed Forces FC (SAFFC). PEA merupakan juara Liga Primer Thailand sementara SAFFC juga kampiun di S.League.

Kedua tim akan bentrok terlebih dahulu pada 18 Februari 2009 di Stadion Thammasat, Bangkok.
Pada 25 Februari, pemenang duel ini akan berhadapan dengan PSMS. Hanya, PSMS akan berstatus sebagai tim tamu dalam laga ini. Hal ini tentu bukan pekerjaan mudah bagi “Ayam Kinantan”. Apalagi, selama ini Thailand atau Singapura kerap mempersulit Indonesia dalam setiap pertandingan sepak bola di regional Asia Tenggara.

Bukan hanya itu, kedua tim tersebut juga diperkuat pemain-pemain yang baru saja memperkuat tim nasionalnya di ajang Piala Suzuki AFF 2008. PEA, misalnya, memiliki empat pemain timnas Thailand, yaitu Panupong Wongsa, Rangsan Vivatchaichok, Patiparn Phetphun, dan Ronnachai Rangsiyo. Belum termasuk eks striker timnas Pipat Thonkanya atau bek Apichat Puttan.

Begitu pula dengan SAFFC. Mereka memiliki striker jangkung Alexandar Duric, John Wilkinson, dan Daniel Bennett. “Kalau hitung-hitungan kekuatan, saya masih optimistis PSMS bisa mempersulit mereka. Meskipun, mereka banyak dihuni para pemain timnas,” kata manajer PSMS, Sihar Sitorus. “Kami hanya butuh striker lokal yang punya kualitas pemain timnas untuk bisa menimpali permainan mereka. Saya pikir, duel melawan tim Thailand atau Singapura akan berlangsung ramai dan seru.”

Secara khusus, Sihar malah berharap SAFFC yang akan jadi lawan PSMS. Bukan bermaksud meremehkan kekuatan juara S.League tersebut. Tapi, ada pertimbangan nonteknis yang ada dalam benak Sihar. “Kami pasti akan mendapat dukungan suporter lebih banyak jika main di Singapura. Ini akan melecut semangat pemain kami. Apalagi, manajemen sudah menegaskan kepada para pemain bahwa ini kesempatan emas mereka tampil di ajang internasional,” Sihar menjelaskan.

No comments: