Tuesday, December 30, 2008

Esteban perkuat PSMS

TANGERANG - Kapten tim Persikota Tangerang, Esteban Guillen, hengkang dari klub tersebut dan akan memperkuat PSMS Medan.

"Esteban sudah pamit dengan manajemen dan pelatih, karena akan memperkuat PSMS Medan untuk setengah musim kompetisi," kata Asisten Pelatih Persikota Agus Suryanto, Sabtu (27/12).

Menurut dia, pemain tengah asal Uruguay itu memang telah menandatangani kontrak dengan manajemen PSMS ketika mereka berada di Jakarta pekan lalu. Esteban merupakan satu-satunya pemain asing yang dikontrak manajemen tim berjuluk Jawara Benteng musim kompetisi LI 2008 akibat keterbatasan keuangan.

Bahkan manajemen PSMS memberikan gaji enam bulan yang belum dibayarkan Persikota akibat tim itu mengalami kendala dana sehingga harus dibubarkan mengikuti LI putaran kedua.

Namun sejumlah pemain lainnya mulai mencari klub lain setelah Ketua Umum Persikota H. Wahidin Halim mengumumkan pembubaran tim berjuluk Jawara Benteng itu dari berbagai kompetisi beberapa waktu lalu.

Sedangkan kendala utama sehingga harus membubarkan tim karena belenggu yang menghadang berupa Permendagri No. 13 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang hingga saat ini belum juga direvisi.

Padahal setiap musim kompetisi, dana yang harus dikeluarkan untuk aneka keperluan tim mencapai Rp12 miliar berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkot Tangerang.

Meski demikian, para pemain telah berpencar dan mulai mencari klub lain yang profesional dan dianggap bersedia untuk dikontrak mengikuti kompetisi LI, Copa Indonesia atau Liga Super 2008.

Sejumlah pemain seperti Tomi Oropka, Lingga Ashadi, Rendi Siregar dan Ruben Sanadi, sudah melamar dan sebagian dikontrak tim divisi satu. Beberapa pemain pilar Taryana Sopandi, Yudi Koerudin dan Rolando Koibur serta penjaga gawang Iswahyudi sejak pekan lalu sudah tidak latihan lagi dan dikabarkan memperkuat tim lain.

No comments: