Saturday, May 23, 2009

Yang Penting Menang Dulu

Pelatih PSMS, Rudi Keltjes begitu yakin anak asuhnya bakal meraih hasil maksimal saat menjamu Persipura Jayapura di Babak 8 Besar Copa Indonesia, petang nanti. Baginya, yang terpenting dilakukan PSMS adalah meraih kemenangan dahulu. Tak peduli berapapun skornya. Setelah itu, baru kembali dipikirkan bagaimana cara menjinakkan Persipura di markasnya di Stadion Mandala Krida Jayapura.

“Kalau kita berhasil menang dengan skor yang mencolok, tentu saja sebuah keuntungan besar bagi kita. Karena di leg kedua, kita tidak akan kerja terlalu berat. Namun bagi saya, yang penting adalah berhasil meraih angka dahulu atau menang. Sesudah itu baru pikirkan mencuri gol lagi,” kata Rudi pada sesi latihan kemarin (22/5).

“Laga melawan Persipura tentu saja laga yang bakal menarik, dan saya menunggu-nunggu momen ini. Peluang kedua tim sebenarnya 50-50. Tapi dengan main di kandang sendiri, PSMS punya nilai plus 5 persen, artinya peluang bagi PSMS menjadi lebih besar 55-45,” sambungnya.

Keyakinan Keltjes untuk meraih hasil maksimal, tak hanya sekadar omongan. Terlebih Rudi Keltjes tahu benar gaya bermain Persipura, karena dia memang sempat melatih klub berjuluk Mutiara Hitam tersebut beberapa tahun silam. “Sedikit banyak, saya tentu paham betul main Persipura. Sebab saya memang sempat menangani mereka. Tapi sekarang Persipura telah banyak berubah. Para pemainnya saat ini lebih disiplin. Maka itu mereka bisa meraih juara super liga,” sambung Rudi Keltjes.

PSMS juga tak boleh terlalu yakin. Seperti kata big bos-nya PSMS, Sihar Sitorus. “Melawan Persipura tentu saja berat. Tapi tidak ada yang tak mungkin dalam sepak bola,” kata Sihar

No comments: